Sabtu, 10 Januari 2009

New CSCW Tools : Skype

Terbukti bahwa sistem komputer mampu melipat gandakan produktivitas penggunanya, bahkan untuk kolaborasi atau team work. Computer Supported Collaborated Work (CSCW) adalah sistem komputer yang didisain untuk memfasilitasi kolaborasi antar beberapa partisipan. Groupware contohnya, perangkat lunak ini didisain untuk memfasilitasi beberapa pihak yang bekerja terpisah, baik secara syncronous (berinteraksi dalam rangka waktu yang sama, seperti chating, video conferencing, dsb) maupun asyncronous (misalnya e-mail, bulletin board, sms, dsb).

Sudah lebih dari satu tahun ini cukup populer digunakan teknologi Skype, untuk melakukan komunikasi syncronous.

Software yang diterbitkan oleh Skype Technologies SA ini memang pelopor VoIP melalui PC ke PC.
Dengan mengandalkan sound card pada PC, Skype langsung bisa digunakan untuk menelepon pengguna Skype lain yang PC-nya terkoneksi ke internet. Selain dapat digunakan untuk menelepon dari PC ke PC atau ke telepon konvensional, Skype juga dapat difungsikan sebagai messenger, media konferensi, atau alat untuk berkirim file.

Hebatnya, penggunaan software ini tidak memerlukan bandwidth dan kecepatan internet yang kencang. Koneksi internet yang stabil dengan kisaran kecepatan 33,6 kbps sudah cukup untuk mengantarkan suara kita ke pengguna Skype lainnya.
Ketika Skype mulai diluncurkan, produk ini hanya dapat di-install pada PC dengan Operating System (OS) tertentu. Tapi kini, Skype sudah dapat dijalankan pada berbagai platform sistem operasi, mulai dari keluarga Microsoft Windows, MAC, maupun OS yang umum dimanfaatkan oleh provider telepon seluler.

Yang lebih hebat lagi, Skype juga sudah mendukung koneksi telepon langsung ke telepon biasa atau ke telepon seluler. Untuk yang terakhir ini ada kewajiban membayar dengan harga yang relatif murah, rata-rata satu sen dollar AS (kira-kira Rp 90,-) per menit.

Cara dan penggunaan Skype mirip sekali dengan messenger sejenis Yahoo, ICQ, atau MSN. Hanya saja untuk Skype, kita mutlak membutuhkan sebuah headset (atau mike dan speaker) sebagai alat ngobrol dengan lawan bicara kita.
Untuk mulai mengobrol dengan Skype, harus terlebih dulu men-download instalernya di www.skype.com. Besar filenya kira-kira 6 MB (lebih besar untuk versi terbaru). Baru kemudian dapat di-install dan dijalankan.

Perlu diketahui bahwa Skype akan selalu meminta penggunanya meng-update dengan versi terbaru. Hal ini bertujuan untuk menyamakan kompatibilitas fitur antar pengguna Skype.

Sumber: http://scriptintermedia.com/view.php?id=503&jenis=itnews

4 komentar:

  1. skype itU pa c bU???

    eHm coment p'1 Lqi Lu nE hEhE..

    BalasHapus
  2. hhhhhmmmm.....ntu isi blo bgs jg.....
    nyolong dmn lw neng????
    heehehe,,just kid

    BalasHapus
  3. inggritt..akhirnya blog kita selesai sudah :)
    bu,,hurufnya agak dikecilin dikit iia

    BalasHapus