Ada 3 pendekatan dalam perancangan dialog:
1. Berfokus pada aksi user; apakah terspesifikasi dengan baik
2. Memperhatikan kondosi dialog
3. Isu presentasi dan leksikal; bagaimana tampilan dan fungsi tombol
Properti aksi
Ada 3 aksi dasar:
Select from menu
Click on a point
Double click on a point
Properti aksi
Ada 3 karakteristik dalam properti aksi:
Kelengkapan: mendaftar semua aksio yang mungkin
Determinasi: label dan simbol harus sama
Konsistensi: aksi yang berbeda menghasilkan efek yang sama (mis:penggunakan keys dan mouse)
PROPERTI KONDISI
Kondisi merepresentasikan poin dimana user memperoleh informasi atau sistem telah melakukan sesuatu.
User memerlukan kemampuan pemilihan kondisi dengan mudah
Adanya fasilitas reversability (undo)
PROPERTI KONDISI
Jika tidak memungkinkan dilakukan undo, harus ada peringatan, misal berhubungan dengan system/data misal formatting, berhubungan dengan pengolahan kata misal ganti mode, exit, esc, berhubungan dengan penyimpanan (exit dengan save, exit tanpa sava)
PRESENTASI LEKSIKAL
Perancangan dialog harus independen dari perancangan detail leksikal
Tentukan fungsi sistem dulu baru kemudian analisis tugas dan desain dialog dari fungsi tersebut
Tentukan tombol/keys untuk memanipulasi fungsi
PRESENTASI LEKSIKAL
Desain harus detail, hindari:
Tekanan (pesan atau suara) yang menyalahkan user
Pesan yang terlalu generik
Pesan yang sulit dimengerti
PRESENTASI LEKSIKAL
Contoh:
Kurang baik: Syntax Error, Illegal Entry,Invalid data,Bad file name
Lebih baik: Unmatched left parenthesis, Type first letter:Send,Read,Drop,Days range 1 to 31, file name must begin at letter
KLASIFIKASI KESALAHAN
Mistakes: aksi yang diambil berdasar keputusan yang salah
Slips: Kesalahan yang tidak disengaja
Capture error: Kesalahan karena kebiasaan
Description error: kesalahan melakukan aksi pada objek yang salah
KLASIFIKASI KESALAHAN
5. Data driven error:kesalahan data karena editing
6. Associative activation error: kesalahan karena asosiasi pikiran user
7. Loss of activation error: kesalahan karena apa yang harus dilakukan
KLASIFIKASI KESALAHAN
8. Mode error: kesalahan karena lupa ‘ada di dunia mana’
9.Keliru: aksi salah karena keputusan yang diambil salah
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
bagus inggit
BalasHapustp kayanya harus ditata ulang lg tulisannya
biar lebih bagus lagi